web 2.0

Pages

Kamis, 08 April 2010

Kunci Jawaban

1. c. Standard Toolbar

2. d. F4

3. d. master document dan database

4. b. Tidak berubah setiap suratnya

5. d. Tools

6. a. Add

7. a. File → Wizard → Address Data Source

8. d. Record

9. a. All

10. a. Select Starting Document

11. a. Langkah-langkah untuk menggabungkan dokumen menggunakan menu insert, antara lain:

§ Blok semua kalimat dalam paragraf pada dokumen File_2.odt sambil tetap menekan tombol mouse.

§ Masukkan atau tekan menu insert pada paragraf tersebut tanpa melepas tombol mouse.

§ Tempatkan ke posisi di bawah paragraf pertama dokumen File_1.odt.

§ Lepaskan mouse.

b. Langkah-langkah untuk menggabungkan dokumen menggunakan copy and paste, antara lain:

  • Blok semua kalimat dalam paragraf pada dokumen File_2.odt.
  • Klik menu edit lalu pilih Copy.
  • Klik dokumen File_1.odt.
  • Tempatkan posisi kursor di bawah paragraf pertama.
  • Klik menu edit lalu pilih Paste.

12. Cara mengambil dokumen eksternal sebagai data source tabel data base, antara lain:

1.Anda dapat mengambil data dari dokumen spreadsheet berjudul Daftar Nilai Peserta Kursus.

2. Dan menyisipkannya ke dokumen master yang bernama “Master Cetak Sertifikat.Odt”.

3. Dalam hal ini, Anda harus sudah mempunyai data dengan format dokumen spreadsheet, karena dokumen inilah yang akan dijadikan sebagai sumber data eksternal (External Data Sources).

Sebenarnya, External Data Source tidak hanya dapat diambil dari dokumen spreadsheet.Anda dapat mengambilnya dari dokumen dengan format database lain, misalnya MySQL (ODBC), MySQL (JDBC), dBase, Oracle, Adabas D, Text Document, ODBC, Evolution LDAP, Evolution Local, KDE Address Book, dan Groupwise.

Atau dengan Cara mengambil sumber dokumen lain adalah sebagai berikut:

1. Pada dokumen OpenOffice.org Writer, pilih menu File → Wizards → Address Data Source.

2. Pada kotak dialog Address Data Source Wizard yang muncul, pilih bagian paling bawah berupa Other External Data Source, kemudian klik Next.

3. Pada kotak dialog Additional Data Setting yang muncul, klik tombol Setting untuk mengatur Database.

4. Pada bagian Database Type, pilih format database eksternal yang akan dijadikan sebagai sumber data, misalnya format “Spreadsheet”. Klik Next.

5. Pilih dokumen spreadsheet yang sebelumnya sudah Anda persiapkan, misalnya file dengan nama “Daftar Nilai Kursus.Ods”. Klik Open.

6. Klik Test Connection untuk memeriksa apakah data tersebut dapat digunakan. Jika tes menghasilkan “successfully”, berarti data tersebut dapat digunakan. Klik Finish.

7. Pada kotak dialog yang muncul, klik Field Assignment jika Anda ingin mengatur kembali sumber data.

8. Simpan dokumen tersebut menjadi database tabel yang nantinya akan muncul di bibliography dengan nama “Draft Nilai Kurus”.

9. Klik Finish untuk mengakhiri.

13. Perbedaan antara:

a. Dokumen Master adalah surat yang dibuat dengan format tertentu yang isinya sama antara surat yang satu dan surat lainnya.

b. Sumber data adalah kumpulan informasi mengenai data tertentu, misalnya nama dan alamat.

.

14. Perbedaan antara:

a. Tabel adalah sekumpulan data yang digabung atau dijadikan satu antara data field dan data record yang dimasukkan ke dalam sebuah tabel sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

b. Field adalah sekumpulan data yang sama jenisnya, misalnya field Tanggal Lahir.

c. Record adalah kumpulan beberapa field atau bagian yang utuh dari satu data yang berisi masing-masing field.

15. Cara mencetak dokumen mail marge, antara lain:

1. Pada dokumen master yang sudah digabung dengan field-field tabel database, klik menu File → Print.

2. Pada kotak dialog Print a Form Letter, klik Yes.

3. Kotak dialog Mail Merge Print.

4. Pada bagian Record terdapat pilihan:

All : untuk mencetak seluruh halaman.

Selection Record : untuk mencetak dokumen pada record yang dipilih.

From : untuk mencetak dokumen dari record tertentu sampai record yang lainnya.

1. Pada bagian Output terdapat pilihan:

Printer : untuk mencetak dokumen langsung ke printer.

File : untuk mencetak dokumen ke dokumen yang baru.

1. Klik OK untuk mulai pencetakkan.

16. Langkah-langkah untuk membuat tabel data base ketika membuat dokumen mail marge, antara lain:

Pilih menu Tools → Mail Merge Wizard. Akan muncul kotak dialog Mail Merge Wizard.

Pilih dokumen yang akan dijadikan surat massal, misalnya pilih “Use Current Document”.

Pilih jenis dokumen yang akan Anda buat, misalnya “Letter”.

Pilih daftar data yang akan dijadikan tabel, klik tombol “Select Address List”.

Kotak dialog “New Address List”.Klik tombol Customize untuk mengedit field-field tabel.

Klik tombol “Add” untuk menambahkan elemen-elemen filed yang dibutuhkan.

Setelah semua elemen ditambahkan, akan tampak seluruh elemen.

Klik OK untuk kembali ke Address Information List, isikan semua data yang diperlukan sesuai dengan field yang ada.

Simpan Address List tersebut, misalnya dengan nama Undangan Raker.

Klik OK untuk memilih Tabel yang sudah disimpan ke Bibliography Database.

Pilih Create Salutation jika diperlukan.

Pilih Preview and Edit Document, jika Anda ingin mengedit dokumen secara individual.

Pilih Save, Print, and Send Document hingga muncul kotak dialog untuk menyimpan,atau mencetak dokumen.

Klik tombol Finish untuk mengakhiri. Dengan tombol F4 (Bibliography) Selain menggunakan menu Tools, Anda juga dapat membuat tabel dalam mail merge menggunakan tombol keyboard dengan cara sebagai berikut.

Klik tombol F4 pada keyborad untuk memunculkan Bibliography Database.

Pada bagian Explorer Bar Bibliography Database, klik kanan menu Bibliography dan pilih Edit Database File.

Akan muncul kotak dialog Bibliography – OpenOffice.org Base. Pada bagian menu Database, pilih sub menu Tables, dan pada bagian Task, pilih Create Table in Design View.

Kemudian isi field-field yang menjadi judul tabel.

Setelah selesai, simpanlah misalnya dengan judul “Undangan Raker” dan tutup kotak dialog tersebut.

Di bagian Bibliography Database pada OpenOffice.org Writer, pilih tabel “Undangan Raker” dan isi record pada field-field di sebelah kanannya.

17. Karakteristik dari open office.org write, antara lain:

Free software, aplikasi gratis yang dapat diperoleh dengan mendownload dari Internet, dan bebas digunakan tanpa harus membayar lisensi.

Format dokumen yang digunakan adalah OpenDocument Format Text Document (ODT) yang mampu membuka dokumen lain dari aplikasi AbiWord dan StarWriter.

File yang dihasilkan tidak rentan dengan virus, sehingga sangat kecil kemungkinan untuk terserang virus.

Dapat digunakan untuk membuka file yang dibuat dengan pengolah kata Microsoft Word.

Tersedia format penyimpanan yang kompatibel dengan pengolah kata Microsoft Word, sehingga hasilnya dapat dibuka menggunakan Microsoft Word.

OpenOffice.org Writer tersedia untuk berbagai platform sistem operasi, seperti Linux dan Windows.

Tersedia versi portabel untuk Windows, sehingga dapat langsung dijalankan tanpa perlu diinstall ke dalam harddisk.

18. Langkah-langkah untuk menjalankan Open Office.org Writer dengan menggunakan Start Menu adalah sebagai berikut:

Klik Applications Starter.

Pilih Office.

Pilih OpenOffice.org Word Processor.

Langkah-langkah untuk menjalankan Open Office.org Writer dengan menggunakan Ikon Pada Destop adalah sebagai berikut:

Klik Applications Starter.

Pilih Office.

Klik kanan pada OpenOffice.org Word Processor.

Pilih Add this launcher to desktop.

19. a. langkah-langkah membuka dokumen, antara lain:

1. Bukalah program OpenOffice.org Writer hingga muncul “Blank Page Document”.

2. Ketiklah naskah artikel berikut hingga selesai.

3. Tampilkan tanda paragraf menggunakan ikon “Nonprinting Characters” pada toolbar standard, sehingga tampilan akan berubah menjadi paragraf didalam lembar kerja.

b. Langkah-langkah menyimpan dokumen, antara lain:

1. Pilih dan klik menu File → Save atau klik tombol yang bersimbol disket pada toolbar Standard atau gunakan shortkey CTRL + S. Akan muncul kotak dialog Save.

2. Pada kotak dialog Save, terdapat kolom untuk menuliskan nama file. Ketikkan Latihan_1.odt (nama file yang diinginkan).

3. Di bawahnya, terdapat kotak isian yang menunjukkan folder tempat dokumen tersebut akan disimpan (misalnya folder Latihan). Anda dapat mengganti folder tujuan sesuai dengan yang kita inginkan, misalnya Documents, Pictures, Music, atau Videos.

4. Di bawahnya lagi, terdapat format nama dokumen yang secara default bernama ODF Text Document (.odt). Anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada tombol daftar pilihan File Type.

5. Checklist bagian Save With Password jika Anda ingin menyimpan dokumen denganpassword.

6. Klik tombol perintah Save untuk menyimpan.

c. Langkah-langkah menutup dokumen, antara lain:

Jika pengetikan dan penyuntingan dokumen sudah selesai, Anda dapat menutupnya dengan memilih dan mengklik menu File → Close atau dengan menggunakan shortkey CTRL + W. Perintah ini hanya akan menutup lembar kerja yang telah dibuat tanpa keluar dari OpenOffice.org Writer. Perintah untuk menutup dokumen sekaligus keluar program OpenOffice.Org Writer adalah File → Exit atau CTRL + X. Anda dapat juga mengklik tombol Close [X] pada Control Window untuk menutup OpenOffice.org Writer.

20. Langkah-langkah mengganti warna,jenis,dan ukuran font, antara lain:

a. Menggunakan toolbar Formatting

Pengaturan format font/huruf/karakter dapat Anda lakukan melalui beberapa ikon pada toolbar formatting. Langkah-langkah untuk mengatur format huruf/font/karakter adalah seperti berikut:

Blok teks yang akan Anda format hurufnya.

Pilih ikon pengaturan format huruf melalui ikon berikut.

Jenis dan ukuran huruf.

Style huruf:menebalkan huruf, memiringkan huruf, dan menggaris bawahi huruf.

Mewarnai huruf : Font Color.

b. Menggunakan menu Format

Pengaturan format huruf pada teks atau paragraf melalui menu format dapat Anda lakukan dengan menggunakan langkah-langkah, sebagai berikut:

Blok teks yang akan Anda format hurufnya.

Pilih Menu Format → Characters hingga muncul kotak dialog Characters.

Pilih jenis font yang Anda inginkan pada tab Font. Tentukan font style yang Anda inginkan pada kotak Typeface. Style yang tersedia adalah Reguler (biasa), Italic(miring), Bold (tebal), Bold Italic (tebal miring). Anda dapat mengatur ukuran hurufpada kotak Size dan warna huruf pada tab Font Effects.

Anda dapat memberi berbagai efek khusus dengan memilih tab Font Effects.

Klik tombol OK setelah pengaturan format huruf selesai.

1 komentar:

ubulvallandingham mengatakan...

Mens titanium Braclets - Stainless Steel - Ti-N-Chips
› products › mens- titanium-br › products › mens- titanium-br Mens titanium Bracelets. 1 oz. ($2.13) is a stainless steel stainless steel stainless steel shell. This shell is approximately 1-1 inches 2018 ford fusion energi titanium (1.2 ray ban titanium x 3.1 inches) wide and weighs 1.2 pounds (1.8 Color: ClearType: titanium plumbing Nickel Rating: titanium white wheels 4.7 77 reviews titanium earrings sensitive ears $38.99 In stock

Posting Komentar